Tuesday, December 4, 2012

Cara membuat minuman cokelat bubuk dari buah kakao

Tahu nggak kalau cokelat itu berasal dari buah kakao? Tepatnya sih biji buah kakao.  kali ini blog cara membuat akan berbagi tentang cara membuat minuman cokelat bubuk dari biji buah kakao tersebut. Sebelum kita memulai metoda yang dipakai untuk mengolah biji kakao menjadi bubuk cokelat harus kita pahami terlebih dahulu tentang cita rasa cokelat. Cita rasa cokelat yang terbuat dari biji kakao secara manual akan berbeda jauh dengan cita rasa minuman cokelat buatan pabrik. Hal ini bisa terjadi karena cokelat yang dibuat diparik memiliki pengolahan yang lebih kompleks dan peralatan yang lebih memedai untuk menghasilkan intisari dari biji kakao.

Jadi jangan menyesal nantinya jika citarasa minuman cokelat yang anda buat dengan mengikuti cara membuat yang saya tawarkan ternyata memiliki rasa yag berbeda dengan minuman cokelat instant. Tapi percayalah kalau kandungan gizi cokelat dari hasi pengolahan manual ini tidak berbeda dengan olahan pabrik. Oke langsung saja kita masuk ke langkah-langkah membuat bubuk cokelat dari biji kakao untuk dijadikan miniman.

Cara membuatnya sebagai berikut:
  1. Pilihlah buah kakao yang benar-benar matang untuk mendapatkan kualitas biji yang sempurna untuk diolah.
  2. Belah buah kakao dan ambli semua biji yang ada di dalamnya lalu cucilah dengan air hingga kandungan daging buah bagian luar habis.
  3. Keringkan biji-biji kakao tersebut dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering, tanda biji kakao sudah kering, biji tersebut bisa dipatahkan dengan mudah.
  4.  Alternatif pengeringan dapat juga dipakai oven hingga kadar air biji kakao tersebut habis.
  5. Setelah biji kakao tersebut kering sempurna gongsenglah biji0-biji kakao tersebut hingga berubah warna (kurang lebih 30 menit di penggorengan). Pada saat di penggorengan terslah mengaduk agar biji kakao yang digoreng terpanggang secara merata.
  6. Setelah semua biji kakao terpanggang secara merata dinginkan kurang lebih 1 jam.
  7. Tumbuk atau haluskan semua biji kakao yang sudah dipanggang (digongseng) tersebut, alat untuk menumbuknya bisa digunakan alu, blender atau mesin pengguling tepung.
  8. Setelah semua biji kakao tertumbuk halus jemur tepung biji kakao (tepung cokelat) tersebut didalam ruangan selama satu hari satu malam.
  9. Bubuk biji kakao tersebutlkah yang kita sebut dengan cokelat bubuk, dan itu sudah bisa langsung dikonsumsi.
Cara membuat minuman dari cokelat bubuh hasil biji kakao:
  1. Masukkan 4 sendo bubuk cokelat kedalam pemasak air minum campur dengan air 2 gelas
  2. Panaskan campuran tersebut hingga mendidih.
  3. Tambahkan gula secukupnya
  4. Minuman cokelat siap untuk dihidangkan.
Saran penyajian:
Akan lebih enak bila minuman cokelat tersebut ditambah dengan sedikit susu bubuk ataupun susu segar cair. selamat mencoba dan menikmati minuman cokelat hangat hasil olahan sendiri.

Sebenarnya cokelat yang dikeluarkan dari pabrik terlihat beda rasanya dengan coklat olahan sendiri karena cokelat dari pabrik hanya mengambil inti sari buah kakao tersebut, inti sari tersebut dalam bentuk lemak liquid dimana inti sari seperti ini dapat larut dengan mudah di dalam air. Sedangkan yang diolah secara manual seperti yang kita lakukan ini kandungan serat masih banyak dan serat tersebut tidak bias langsung larut dalam air. Cokelat yang dibuat dari pabrik juga sudah dicampur dengan minyak nabati lain seperti minyak kedelai dalam bentuk margarine itulah yang menyebabkan cita rasa cokelat dari pabrik terasa lebih nikmat daripada coklat buatan rumahan.

8 komentar:

  1. Sebaiknya biji kakao tidak dicuci dulu tapi langsung difermentasikan dalam keranjang dialasi dan ditutup daun pisang yang dilubangi bagian bawahnya untuk pembuangan air sisa fermentasi, selama kurang lebih 2 - 3 hari. Setelah itu dicuci lalu dikeringkan dan dijemur. Fermentasi itulah yang akan membentuk cita rasa coklat sebagaimana kita kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai bahan fermentasi lagi gak??? Seperti ragi dll....

      Delete
  2. kalo proses fermentasinya apa memerlukan bahan fermentasi seperti ragi gitu g??@anonymous

    ReplyDelete
  3. GA PAKE BOS... CUKUP DIBUNGKUS PAKE KARUNG DAN DIDIAMKAN 2-3 HARI SAJA...

    ReplyDelete
  4. ooouuhh .. maaf mas mau bertanya nie .. setelah kakao sudah menjadi bubuk trus campurannya apa untuk menambah cita rasa coklatnya
    dan gimana caranya ??? mohon balasannya :)

    ReplyDelete
  5. makan coklat buatan sendiri sambil ngegame, seru gan,
    beli game nya disni aja www.aliagame.com
    harga rp4000-5000/dvd

    ReplyDelete

Labels

Disclaimer: